20200703 121653

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto,Jangan Percaya Adanya Pihak Yang Menjanjikan Kelulusan

20200703 121653

Buserbhayangkara.com-CIMAHI – Ratusan calon peserta beserta orang tua atau wali calon peserta seleksi Taruna Akmil tahun 2020 menghadiri pengarahan dari Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto yang berlangsung di Brigif 15/ Kujang II, Kota Cimahi.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyatakan, kegiatan ini pertemuan dengan para orang tua atau wali peserta seleksi Taruna Akmi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi-informasi terkait pelaksanaan tahapan-tahapan seleksi, dari mulai awal seleksi administrasi hingga seleksi-seleksi lanjutannya.

“Tahapan dalam proses seleksi Taruna Akmil tahun 2020 ini, merupakan salah satu upaya dalam rangka upaya memilih calon Perwira yang akan diproyeksikan menjadi pimpinan TNI AD dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Menurut Budi, proses seleksi calon Taruna Akmil benar-benar mengutamakan kualitas dan potensi calon yang mengutamakan fisik, intelegensia, karakter individu serta psikologis sesuai norma yang ditentukan oleh pimpinan TNI AD.

“Sesuai dengan kebijakan pimpinan TNI AD dalam rangka mendapatkan calon Taruna Akmil yang berkualitas, maka Kodam III/Siliwangi melaksanakan proses rekrutmen calon Taruna Akmil yang Clean and Clear dan akan memberantas segala bentuk percaloan dan pungli,” tegasnya

Budi mengajak kepada para orang tua calon Taruna Akmil untuk ikut mendukung upaya yang telah menjadi komitmen TNI untuk memberantas segala bentuk percaloan dan pungli seleksi werving di Kodam III/Siliwangi.

“Jangan percaya terhadap pihak-pihak tertentu yang menjanjikan kelulusan. Kami tekankan ulang, bahwa para calon dalam proses seleksi tidak dipungut biaya sama sekali,” kata Budi, di Brigif 15/ Kujang II, Kota Cimahi, Kamis (02/07/2020).

Budi menambahkan bahwa rangkaian proses seleksi penerimaan calon Taruna Akmil dimulai dengan tahapan-tahapan, pertama pengecekan awal administrasi, kesehatan awal dan jasmani terbatas serta yang kedua, pemeriksaan tingkat daerah meliputi administrasi, kesehatan kedua, jasmani, mental idiologi dan psikologi.

“Bagi calon yang lulus dalam ujian pemeriksaan tingkat Panitia Daerah, akan mengikuti ujian pemeriksaan tingkat pusat meliputi administrasi, kesehatan ketiga, mental idiologi, psikologi kedua, akademik dan sidang Panpus,” imbuhnya.

Budi berhatap, kepada para orang tua dan calon peserta seleksi Taruna Akmil agar mempersiapkan putranya baik fisik maupun mental dengan sebaik-baiknya dalam mengikuti seleksi ini.

“Bagi calon peserta seleksi Taruna Akmil tanamkan pada diri kalian untuk dapat melewati semua rangkaian seleksi Taruna Akmil sampai berhasil. Percayalah kepada kemampuan diri sendiri dan yakinlah kepada kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dengan berusaha yang terbaik dan berdo’a selama pelaksanaan proses seleksi,” pungkasnya.( RED)