Dinkes Kabupaten Bekasi Melaksanakan Survei Re-Akreditasi di 45 Puskesmas

IMG 20231204 WA0037
banner 468x60

KAB.BEKASI – Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi melaksanakan Survei Re-Akreditasi di 45 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

Akreditasi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan juga diikuti Puskesmas Setu II Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

Pelaksanaan Survei Re-Akreditasi Puskesmas Setu II pada hari pertama dilakukan melalui bold zoom meeting, dilaksanakan pada Jumat (01/12/2023) lalu, yang dilanjutkan dengan Luring pada Senin (04/12/2023) pagi.

Kepala Puskesmas Setu II, Dr. Kurniawati menuturkan, bahwa kegiatan Re-Akreditasi sebagai upaya standarisasi pelayanan di bidang kesehatan, serta kontrol perbaikan mutu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien.

Dirinya juga memaparkan materi akreditasi Puskesmas Setu II, tujuan dan harapan serta langkah-langkah dalam pelaksanaan Re-Akreditasi tersebut.

“Kegiatan klarifikasi dokumen masing-masing bab dilakukan hingga selesai. Hasil klarifikasi dokumen masih terdapat beberapa dokumen dan perlu revisi seperti SK atau SOP. Selain itu bukti pendukung juga terdapat beberapa yang harus dilengkapi,” ungkapnya.

Kurniawati menerangkan, tujuan diadakannya re-akreditasi tidak hanya sebagai pembinaan dan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap system manajemen, system manajemen mutu, serta system penyelenggaraan pelayanan dan program saja. Disamping itu juga tentang penerapan manajemen risiko.

Menurut dia, terdapat sejumlah standar dalam melakukan penilaian akreditasi puskesmas.

“Standar pelayanan dan peningkatan mutu pelayanan ini memang harus terus dilakukan secara berkesinambungan,” ujar Kurniawati.

Kepala Puskesmas Setu II, Dr. Kurniawati juga mengatakan kalau sebenarnya akreditasi bukan tujuan akhir, melainkan penilaian dari apa yang dilaksanakan sehari-hari.

“Proses akreditasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa Puskesmas Setu II sudah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat,” tegas Kurniawati.

Perlu diketahui pada tahun 2019 lalu, Puskesmas Setu II mendapatkan penghargaan Re-Akreditasi Madya.

“Pada 2019 kami mendapatkan Re-Akreditasi Madya, tentunya ini adalah sebagai acuan dan semangat bagi jajaran Puskesmas Setu II untuk lebih baik lagi dari segi pelayanan baik didalam maupun diluar gedung untuk meraih yang lebih tinggi lagi, semoga tahun ini mendapatkan Paripurna.” pungkasnya.(*)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60