Tidak melihat waktu, ini yang dilakukan Babinsa Sewu pada malam hari

Meteorpublik, Surakarta, Babinsa Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Sertu Suryanto melaksanakan Komsos di wilayah di RT 06 RW 08 Kelurahan Sewu Sabtu, 14 September 2019.

Pada kesempatan ini Babinsa Kelurahan Sewu melaksanakan Komsos dengan warga yang bertepatan dengan kegiatan Purnomo Sidi di RT 06 RW 08 Kelurahan Sewu.

Purnomo Sidi adalah suatu kegiatan atau tradisi yang dilakukan oleh warga kampung blumbang dan sekarang bernama sumber asri yang dilaksanakan pada setiap tahunnya tanggal 14 atau malam 15 bulan purnama setelah bulan 1 Suro.

Dimana pada saat itu sekitar tahun 1970 kampung tersebut adalah berupa rawa yang berfungsi untuk bersandar kapal-kapal besar untuk perdagangan.

Selang beberapa lama pendatang mulai berdatangan ke daerah tersebut untuk mendirikan pemukiman termasuk diantaranya Mbah Misbah yang sekarang menjadi sesepuh di wilayah tersebut.

Setiap pelaksanaan Purnomo Sidi pasti ada sajian pala wija seperti kacang, jagung, pisang rebus, ketela, kentang dan tidak lupa nasi tumpeng / nasi kebuli untuk persyaratan mutlak pada acara tersebut, bila tidak disajikan kepercayaan mereka adalah akan ada bala bencana dikampung tersebut dan kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan jalan kaki memutari kampung yang diikuti seluruh warga setelah pukul 00:00.

Dahulu kala kegiatan Purnomo Sidi ini dilakukan dengan tujuan bertirakat atau berdoa untuk memperjuangkan wilayah tersebut di sertifikat kan oleh pemerintah dan pada saat tahun 1993 tercapailah doa mereka sehingga kegiatan tradisi ini dilakukan terus menerus oleh warga tersebut sampai anak cucunya nanti.

Babinsa mempergunakan momen yang baik tersebut untuk mengenali tradisi yang ada diwilayahnya sehingga diharapkan dapat menguasai semua kegiatan diwilayah baik adat maupun karakter masyarakat Kelurahan Sewu secara mendetail.
(Agus Kemplu)/hera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *