Sinergitas Panglima TNI dan Kapolri Wujud Soliditas TNI Polri dalam Menjaga Netralitas

RIAU , meteorpublik.com – Kapolri JENDERAL Pol Prof. M. Tito Karnavian, Ph.D. bersama Panglima TNI MARSEKAL TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. tiba di Lanud Roesmin Noerjadin RSN Pekanbaru Riau, Jum’at (20/4/2018) Pukul 09.00 Wib.

Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ke Riau ini dalam rangka memberikan Arahan kepada seluruh anggota TNI Polri di Wilayah Riau. Selain itu kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ini merupakan sebagai wujud soliditas TNI Polri dalam rangka menjaga netralitas TNI Polri.

Dalam kunjungannya ke Riau Panglima TNI didampingi oleh Pejabat Mabes TNI yaitu Asrenum Panglima TNI, LAKSAMANA MUDA TNI Agung Prasetiawan, M.A.P, Asintel Panglima TNI, MAYJEN TNI Benny Indra Pujihastono, Aster Panglima TNI, MAYJEN TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A, dan Kapuspen TNI, MAYJEN TNI M. Sabrar Fadhilah, serta turut hadir Kepala Staf Angkatan Darat JENDERAL TNI Mulyono.

Sementara itu Kapolri didampingi oleh Pejabat Utama Mabes Polri yaitu As Ops Kato koto, IRJEN Pol Drs. Deden Juhara, Sahli Sosek Kapolri, IRJEN Pol Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si, Karo Provost Divpropam Polri, BRIGJEN Pol Drs. Refdi Andri, M.Si dan Karo Penmas Divhumas Polri dan BRIGJEN Pol Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H.

Panglima TNI dan Kapolri memberikan pengarahan kepada prajurit TNI Polri dihalaman kantor Gubernur Riau, saat tiba di kantor Gubernur Panglima TNI Kapolri dan rombongan disambut dengan Tarian selamat datang. Pejabat yang turut hadir dalam pengarahan tersebut antara lain Plt. Gubernur Riau, H. Wan Thamrin Hasyim, beserta Pejabat Daerah Provinsi Riau, Ketua DPRD Prov Riau, Dra. Hj. Septina Primawati, MM, Kepala Kejaksaan Tinggi Prov Riau, Uung Abdul Syakur, S.H., M.H.; Kepala Pengadilan Tinggi Prov Riau, H. Adam Hidayat Abuatiek, S.H., M.H.; Ketua Pengadilan Tinggi Agama Prov Riau, Drs. H. Mahyiddin Usman, S.H., M.A; Kabinda Riau, MARSMA TNI Rakhman Haryadi, S.A., M.B.A., M.Sc, NSS; Ka BNNP Riau, BRIGJEN Pol Drs. M. Wahyu Hidayat; Kapolda Riau, IRJEN Pol Drs. Nandang, M.H., beserta jajaran; Pangdam I / Bukit Barisan, MAYJEN TNI Cucu Somantri, S.Sos.; Pangkoops TNI AU, MARSDA TNI Nanang Santoso, beserta jajaran; Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Riau, MARSMA TNI T.B.H Age Wiraksono, S.IP., M.A., beserta jajaran; Danrem 031/Wirabima, KOLONEL Inf. Sonny Aprianto, SE, beserta jajaran; Danlanal Dumai, KOLONEL Laut (E) Yose Aldino, beserta jajaran dan 2000 Prajurit gabungan TNI – Polri.

Arahan Kapolri JENDERAL Pol Prof. M. Tito Karnavian, Ph.D, menyampaikan bebeberapa hal antara lain, Dalam politik negara, TNI dan Polri merupakan pilar yang sangat penting utamanya dalam menjaga stabilitas keamanan negara sehingga negara mampu untuk bersaing dengan negara asing. Politik negara lebih penting dari pada politik praktis atau politik lokal.

TNI Polri merupakan institusi yang terbesar di Indonesia karena memiliki jangkauan hingga di pelosok pelosok desa di seluruh Indinesia serta merupakan organisasi yang mempunyai kemampuan, sehingga perlunya solidaritas antara TNI Polri agar negara semakin kuat. Berdasarkan hasil surve, TNI dalam posisi pertama sebagai institusi yang dipercaya publik , dan yang kedua adalah KPK serta Polri menempati sebagai posisi yang ketiga sebagai institusi yang dipercaya publik.

Dalam akhir pengarahanya Kapolri mengharapkan TNI menjadi institusi yang kuat dan Polri menjadi institusi yang dipercaya publik, selain itu dalam pelaksanaan Pilkada dan Pilpres TNI Polri harus bertindak secara netral serta soliditas TNI Polri tidak kuat saat pelaksanaan pilkada saja melainkan harus kuat secara terus menerus sehingga terciptanya situasi keamanan negara yang kondusif, pembangunan dapat berjalan dengan lancar serta pertumbuhan ekonomi dapat meningkat.

Setelah pengarahan selesai, Acara dilanjutkan dengan foto dan makan siang bersama dengan seluruh anggota TNI Polri yang hadir dalam pengarahan serta sholat jumat bersama.(Adh/Kor/@iz.mp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *