Rapat Koordinasi Kapolres Metro Jakarta Selatan dengan Managament dan Petugas Koordinator Driver Ojek Online di Wilayah Jakarta Selatan

JAKARTA, meteorpublik.com – Kapolres Metro Jaksel KOMBES Pol Mardiaz K. Dwihananto, SIK, M.Hum pimpin Rapat Koordinasi dengan Managament dan Petugas Koordinasi Lapangan Driver Ojek Online di wilayah Jakarta Selatan dan dihadiri juga oleh Pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran Polres Metro Jaksel, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Polres Metro Jaksel, Kamis (1/3/ 2018) pukul 14.15 s/d 15.50 Wib.

Sambutan Kapolres Metro Jaksel KOMBES Pol Mardiaz K Dwihananto. SIK. MHum, Ucapan terima kaish atas kehadiran peserta rapat, Ojek Online dapat dengan cepat menginformasikan kejadian gangguan kamtibmas kepada Polri, karena petugas Polri memiliki jumlah personil yang terbatas. Terkait dengan peredaran narkoba, banyak pelaku ataupun bandar narkoba yang menggunakan jasa Ojek Online untuk transaksi narkoba, diharapkan management dan driver Ojek Online turut serta dalam pencegahan narkoba.Banyak laporan warga yang resah terhadap informasi hoax terkait orang gila yang akan menyerang ulama, sehingga timbul aksi main hakim sendiri terhadap orang yang dicurigai.

Perlu antisipasi oleh driver Ojek Online pada saat mau menjemput penumpang atau pelanggan, dicurigai oleh warga dan menjadi korban aksi main hakim sendiri. Polres Metro Jaksel mempunyai aplikasi Smart Jaksel, salah satu akunnya adalah panic button, apabila ditekan akan dilakukan verifikasi oleh operator aplikasi, untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh anggota Polri. Diharapkan aplikasi Smart Jaksel dapat terhubung ke aplikasi Gojek, Grab, Uber sehingga dapat lebih cepat penyampaian informasi guantibmas dan cepat tertangani oleh pihak Polri. Dimohon untuk parkir kendaraan Ojek Online pada saat jam rawan macet agar ditata dengan rapi, sehingga tidak menambah kemacetan arus lalu lintas.

Polres Metro Jaksel sedang mengaktifkan giat sambang ke masyarakat guna menjalin silaturahmi dan dapat diketahui keluhan warga masyarakat terkait gangguan kamtibmas. Sambutan Sdr. Reza (Perwakilan Management Gojek), Management Gojek siap membantu Polri menjaga ketertiban di masyarakat. Terkait integrasi aplikasi smart Jaksel dengan operator Gojek diupayan untuk dapat terlaksana, namun alangkah baiknya dilaksanakan pada tingkatkan Polda.

Sambutan Sdri. Adinda Atika (Perwakilan Management Uber), Sangat mengapresiasi atas terbentuknya aplikasi Smart Jaksel. Akan disampaikan kepada pihak management terkait rencana integrasi atau koneksi aplikasi Smart Jaksel dengan Uber.

Sambutan Sdr. Anto (Perwakilan Management Grab), Mendukung kebijakan Polres Metro Jaksel terkait menjaga situasi Kamtibmas , Pihak Grab sedang usahakan lokasi untuk para driver singgah, sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus lalu lintas. Sambutan Sdr. Saiful Anwar (Perwakilan Gograber Wilayah Kebayoran Lama), Sangat mendukung Aplikasi Smart Jaksel, agar dapat ditambah fasilitas atau menu terkait penanganan kecelakaan lalu lintas, sehingga dapat cepat penanganan dan proses asuransi kecelakaan.

Sambutan Babe Salam (Penasihat URC Jaksel), Ucapan terimakasih dan sangat mendukung Polres Metro Jaksel untuk menjaga ketertiban di masyarakat, Sangat mengapresiasi terhadap aplikasi Smart Jaksel, Diharapkan kepada para driver tidak mangkal di lokasi yang rawan terjadi kemacetan arus lalu lintas antara lain di wilayah Melawai, Jl. Iskandarsyah.

Sambutan Sdr. Yudi (Perwakilan URC Jaksel), Apabila ada driver ojek online yang tidak tertib dan melanggar aturan lalu lintas, kemungkinan itu adalah driver yang berasal dari luar komunitas, karena driver ojek online yang tergabung dengan komunitas sangat menjaga ketertiban umum. Perwakilan Komunitas Grab Car, Apabila malam hari rawan terjadi aksi kejahatan terhadap driver Grab Car, perlu adanya kolom SOS pada aplikasi Grab dan Diharapkan MOU antara Polri dengan management aplikasi ojek online dapat segera diwujudkan.

Sambutan Kapolsek Cilandak KOMPOL Sujanto, Diharapkan driver ojek online dapat menjaga sikap dan menjaga kebersihan di lingkungan warga masyarakat. Wakapolsek Tebet AKP Rusdi Dalby, Masih banyak ditemukan driver ojek online yang melanggar aturan lalu lintas antara lain dengan cara melawan arus lalu lintas.

Supaya dibuatkan MOU antara Polri dengan Driver Ojek Online terkait sanksi terhadap driver yang melanggar aturan lalu lintas. Arahan Kapolres Metro Jaksel KOMBES Pol. Mardiaz K. Dwihananto, SIK, M.Hum, Terkait penambahan aplikasi laka lantas di Smart Jaksel, sarannya apabila ada kejadian guantibmas atau laka lantas pencet saja tombol panic button, nanti operator aplikasi akan lakukan verifikasi/merespon laporan warga tersebut. Aplikasi Smart Jaksel tidak terkait dengan penanganan asuransi kecelakaan, karena proses asuransi dapat diurus setelah ada penanganan dari Polantas.

Akan berupaya untuk mengintegrasikan aplikasi tersebut ketingkat Polda, sehingga akan lebih cepat dan mudah proses integrasi dengan management Gojek, Grab dan Uber. Polres akan melaksanakan sosialisasi terkait bahaya narkoba kepada para driver ojek online, mohon pihak management dapat memfasilitasinya.

Diharapkan driver Ojek Online dapat menjadi duta anti narkoba, Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jaksel siap melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba terhadap driver Ojek Online Diharapkan Gojek, Grab, Uber dapat dijadikan mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Jakarta Selatan. Direncanakan akan dilakukan kegiatan baksos bersama antara Polri dengan driver Ojek Online. Driver ojek online sebagai penyedia jasa layanan masyarakat harus dibiasakan dengan senyum kepada pelanggan maupun warga masyarakat. Polres Metro Jaksel dalam proses penilaian Zona Integritas oleh tim dari Kemenpan RBP RI, sehingga pelayanan publik harus ditingkatkan. Dihimbau kepada para driver ojek online agar menjaga ketertiban, supaya tidak dicap sebagai perusahaan yang melanggar aturan lalu lintas. Keselamatan pribadi sangat penting, diharapkan para driver agar menjaga keselamatan dan mentaati aturan berlalu lintas. MOU antara Polri dengan management aplikasi ojek online akan diupayakan untuk segera terwujud. Acara diakhiri dengan kegiatan ramah tamah dan foto bersama.(@iz.mp/Humas Polres Metro Jakarta Selatan.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *