Polres Bogor Gelar FGD Tentang Berita Hoax

Meteorpublik, Kab.Bogor – Sat Binmas Polres Bogor bersama Sespima POLRI Angkatan 61 melaksanakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) yang bertempat di Hotel M-One Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Senin

Hadir dalam acara tersebut yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa dan anak-anak dari Pondok Pesantren.

Acara FGD ini dengan Tema “Sinergitas Polri dengan seluruh instansi terkait dalam mengantisipasi dampak penyebaran berita bohong (hoax) dalam terwujudnya Kamtibmas”.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Binmas Polres Bogor AKP Doddy Rosjadi menyampaikan bahwa jelang pengumuman hasil Pilpres dan Pileg tanggal 22 Mei, Polres Bogor terus melakukan patroli cyber crime. Namun lebih dari itu, Polres Bogor andalkan peran Bhabinkamtibmas dilapangan. Serta meningkatkan kegiatan Tabligh Akbar serta temu muka dengan Tokoh Agama.

Adapun Narasumber acara FGD ini yaitu Dekan Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor Dr. (Cand) Endeh Suhartini.

“Hoaks ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Bahkan pada tahun 1439 sebelum era digital seperti sekarang, hoaks sudah ada. Hanya hoaks dulu sulit untuk di verifikasi,” tegasnya.

Dr. Endeh mengaku, hoaks Proper adalah pelaku dimana pembuat dan penyebar kabar bohong ini tau yang di share itu, beritanya mengandung unsur kebohongan.

“Pelaku hoaks proper ini sangat senang, jika kabar bohong yang dia produksi dan sebar, diterima masyarakat banyak. Makin senang lagi pelaku hoaks proper ini, jika konten kebohongannya membuat polemik ditengah masyarakat,” tuturnya.

Setelah acara FGD selesai, dilanjutkan dengan acara Buka Puasa Bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *