Minimnya Dukungan Dari Berbagai Pihak Seminar UMKM Hipmikimdo Batal Digelar

meteorpublik.com, Pekanbaru – Acara seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 5 Desember 2018 oleh Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO)Dewan Pengurus Daerah Provinsi Riau kemungkinan besar Ditunda (17/11/18)

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD HIPMIKIMDO Riau (Zulhamdan,ST)melalui Sekretaris DPD HIPMIKIMDO Riau (RUDY S) di Pekanbaru Riau Sabtu Siang di Pekanbaru.

Menurut Sekretaris DPD HIPMIKIMDO Riau bahwasanya tertundanya seminar UMKM Provinsi Riau tersebut disebabkan minimnya dukungan dari berbagai pihak, terutama dukungan pendanaan kebutuhan seminar yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, sementara proposal seminar telah diserahkan jauh hari sebelum acara kepada pihak yang dianggap pantas untuk mendukung acara seminar tersebut.

Kita sangat prihatin atas tidak berpartisipasinya pihak yang di tunjuk dalam hal ini, padahal kita Hipmikimdo adalah sebagai wadah pengusaha mikro kecil dan menengah Indonesia, dengan seminar ini kita akan menghadirkan anggota2 kita,baik dari pedagang kecil, petani ikan, pengusaha mikro kecil dan lain lain.
Anggota kita inilah yang menjadi nasabah bank, BUMN/D, penggadaian dan lain lain.

Sehingga perbankkan bisa mengucurkan dananya kepada anggota-anggota kita(Hipmikimdo) setelah kita memastikan bahwa mereka pantas dibantu melalui bantuan2 permodalan setelah melewati tahap yang akan kita lakukan sebagai wadah pengusaha mikro kecil dan menengah.

Ketika ditanya soal tahapan tersebut oleh jurnalis, Sekretaris DPD menjelaskan bahwa:kita akan mengelompokkan para pengusaha mikro kecil dan menengah yang dalam hal ini adalah anggota kita,kita berikan pelatihan, sertifikasi. Sehingga pemodal tidak ragu untuk meminjamkan uang kepada anggota Apalagi program2 modal usaha di bank itu sendiri yang telah menjadi program Pemerintah untuk ekonomi kerakyatan,tetapi sayang pihak yang dituju tidak berperan mendukung,tutur Sekjend sedikit kecewa.

Terkait pihak yang dituju pembiayaan seminar? Sekjend menjelaskan bahwa kita ke bank mandiri dan sampai saat ini malah tidak ada jawaban selain pimpinan belum ada tanggapan, BRI juga begitu sama, Danamon,Bank BTN,BNI,Bank Riau Kepri,BI.Dan hingga saat ini per tanggal 18 November nyaris tidak respons, sedang batas tanggal 17 kita sudah tutup proposal.
Pihak BUMN juga dalam hal ini sangat kita sesalkan baik PT.Telkomsel Tbk yang justru mengatakan bahwa proposal seminar “entah kemana”
Itulah anehnya disini bukan???

Selain itu dari pihak BUMN dalam hal ini PT.Penggadaian membalas lewat surat tanpa cap perusahaan, dan dalam jawabannya memastikan untuk tidak berpartisipasi dalam seminar kali ini, padahal ini acara seminar untuk program mereka2 tersebut,yang menunjang program pemerintah untuk mengangkat ekonomi kerakyatan,termasuk melancarkan program bantuan modal usaha oleh mereka, sehingga perbankan tumbuh subur berkat nasabah2 yang terlatih dan berkualitas.

Jurnalis media menanyakan bagaimana tindakan dan harapan Hipmikimdo dalam hal ini?
Kita segera buatkan surat penundaan seminar UMKM Provinsi Riau kepada DPP HIPMIKIMDO pusat,bila nantinya kesimpulan rapat kita menunda hingga waktu yang belum ditentukan.
Pembina HIPMIKIMDO ada 10 kementerian dan surat penundaan seminar UMKM Provinsi Riau tersebut akan kita tembuskan kesana, terlebih kepada Bpk.Menkop UKM di Jakarta karena beliau sudah siap hadiri seminar tersebut,jelas Sekretaris DPD HIPMIKIMDO Riau.

By:Biro Riau (Rudy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *