Kodim 0606/KB Laksanakan Giat Bebersih Sungai Bersama Elemen Masyarakat

Meteorpublik, Bersama elemen masyarakat, TNI-POLRI, organisasi masyarakat, aparatur pemerintahan, serta warga sekitar, Kodim 0606/KB Korem 061/SK melaksanakan karya bakti bebersih bantaran sungai Pakancilan, Sabtu (15/02/2020).

” Bersama rakyat, TNI kuat dalam menjaga kelestarian lingkungan yg bersih, indah, dan nyaman serta menjaga keutuhan NKRI ” adalah tema kegiatan karya bakti triwulan – 1 Kodim 0606/KB, yang dilaksanakan di daerah aliran sungai Cipakancilan – sungai Cisadane yang tepatnya berada diwilayah Perbatasan kelurahan Paledang dan Panaragan kecamatan Bogor tengah.

Dalam amanatnya, Letkol Inf Didi Suwandi selaku Kasdim menyampaikan bahwa pembersihan sungai Cipakancilan serta sungai Cisadane adalah bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir dan longsor pada saat musim hujan. ” Banjir dapat terjadi selain dikarenakan volume air hujan yang turun cukup deras, juga diakibatkan oleh sampah yang termasuk salah satu faktornya. Sampah sudah dipastikan dapat menghambat arus air, oleh karena itu kami sangat konsen dalam hal ini. Makanya kami bersama masyarakat, ormas, aparatur pemerintah selalu bersinergi dalam kegiatan seperti ini.” Ungkap Kasdim.

Dengan turun langsung ketengah masyarakat seperti ini, yaitu salah satu bentuk perhatian TNI Kepada Masyarakat, bahwa TNI peduli terhadap lingkungan, maka TNI selalu hadir ditengah tengah masyarakat.

” Apa yang kami lakukan ini adalah salah satu Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ), yang mana keberadaan kami disetiap wilayah, khususnya kota Bogor ini, yaitu untuk selalu bersinergi dengan masyarakat dan lainnya. Tugas kami selain menjaga keamanan wilayah juga menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan.” Tambah Kasdim.

” Laksanakanlah tugas ini dengan ihklas dan penuh rasa tanggung jawab. Jangan lupa untuk menjaga keamanan bagi yang ikut terlibat kegiatan ini. Ini adalah tugas yang mulia membantu masyarakat dalan menjaga alam untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor. Seperti Motto BNPB yang mengatakan Kita Jaga Alam, Dan Alam pun Akan Menjaga Kita.” Pungkas Kasdim.

Bapak Irman selaku sekcam Bogor Tengah mengucapkan terimakasih kepada Kasdim 0606/KB selaku pelaksana kegiatan bebersih sungai Pakancilan dan Cisadane,
” Sebenarnya kami bersama komunitas yang ada disini yaitu Kampak dan Sabtu serta masyarakat sekitar, kerap kali mengadakan kegiatan seperti ini, yaitu satu kali dalam seminggu. Namun dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim kali ini, saya sangat senang dan tentunya saya sangat mengapresiasi dan Berterimakasih atas perhatian dari aparat TNI khususnya Kodim 0606. Karena dengan adanya perhatian khusus dari aparat, pastinya dapat memotivasi warga kami untuk menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu Saya harap Kedepannya kegiatan seperti ini terus berlanjut, yang¬†mana kegiatan seperti ini memang sangat diperlukan.” Ujar Irman.

Dukungan juga disampaikan oleh Nur Widianto selaku HRD Manager Bogor Trade Mall, ¬†” kami dari Mall BTM sangat mendukung setiap kegiatan pemerintahan setempat dan termasuk kegiatan Kodim 0606, dalam hal ini yaitu kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan, karena kegiatan inipun adalah bagian dari CSR kami. Dan semoga kedepannya kami bisa terus bersinergi, untuk sama sama menjaga kebersihan dan keindahan Lingkungan yang tentunya berdampak pada kenyamanan.” Ujar Nur Widianto

Kegiatan bebersih sungai Pakancilan dan Cisadane diikuti oleh Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0606/Kota Bogor, Personil Kodim 0606/Kota Bogor, Denpom III/ I Bogor, Yonif 315/Grd, Pusdikzi, Corps Brimob, Polresta Bogor, perwakilan dari Ormas FKPPI, Ormas AMS, Ormas KPMP, KNPI, Gibas, BBR, BBRP, PPM dan BPBD, kemudian dari TAGANA, UPTD PSDA, DLH Kota Bogor, UPTD PSDH Jabar serta Warga Kelurahan Paledang dan juga perwakilan dari mall BTM.

Hera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *