Ketua Umum Tatar Sunda Tegaskan, “Sunda Ngahiji” Murni Acara Kesundaan

meteorpublik.com, Bogor – Keluarga Kasepuhan Banten Kidul (KKBK) Jabar Banten pimpinan Ketua Umum Abah Surya Atmadja menggelar rapat panitia “Sunda Ngahiji” di Sekretariat KKBK, Jum’at (4/1/19)

Rapat untuk kegiatan yang sedianya akan diselenggarakan 9 Februari 2019 mendatang tersebut, selain para sesepuh dari berbagai daerah seperti Rd Ace Sumanta, Ki Dalang Anta, Bu Wawa, Ki Cecep, Kang Miko, Kang Dayat, Bu Ridha, Ki Apik Suminta, Kang Raejal Pancako, dan lainnya, juga dihadiri langsung Abah Gumay, Sesepuh dan Inohong dari Lembaga Adat Tatar Sunda selaku Ketua Panitia Kegiatan.

Diperkirakan, acara bernuansa kebudayaan yang akan diikuti sekitar 100 ribu orang ini akan membludak. Pasalnya panitia merencanakan akan menghadirkan Presiden Joko Widodo dan para Menteri, serta Panglima TNI dan pimpinan angkatan, seperti KSAL, KSAU dan KSAD.

“Di tahun politik ini tentunya orang akan berpikir bahwa kegiatan ini mengandung politik ke paslon tertentu, namun saya tegaskan ini murni acara kebudayaan sunda,” ujar Ketua Panitia, Abah Gumay saat diwawancarai media.

Tak hanya itu, panitia juga akan memanggil Jaya Suprana dari MURI (Museum Record Indonesia), agar kegiatan Kesundaan ini benar benar jadi acara murni budaya. Dengan demikian Kesundaan akan menemukan marwahnya bahwa Sunda itu kuat dan asal usul semua suku bangsa Nusantara bermuara di Sunda.

Adapun puncak kegiatan ini rencananya digelar pada 9 Februari, dilengkapi dengan stan kerajinan tangan, kuliner, dan lain lain. Untuk kesenian tentunya akan menampilkan semua warna Kesundaan, mulai dari calung, angklung, reog, karinding, lengseran, wayang golek, Jaipong, gendang pencak dan silat.

Puncak acara yang akan dimeriahkan artis artis ibukota ini juga mengikutsertakan peserta yang berasal dari berbagai provinsi, antara lain Bali, Palembang, Bengkulu, Lampung, Sulawesi, NTB dan daerah lainnya. Ed – Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *