Dandim 0621/Kab.Bogor Berikan Pembinaan Wasbang Untuk Warga Binaan Lapas Cibinong

Meteorpublik, Cibinong – Jumat, 19 Juli 2019 Komandan Kodim 0621 Kab. Bogor didampingi beberapa orang anggota nya menyambangi Lapas Cibinong untuk bertemu dengan Kalapas dan pegawai Lapas Cibinong. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan wawasan kebangsaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Tidak hanya bagi WBP Lapas Cibinong saja namun juga bagi WBP di Lapas/Rutan wilayah Bogor Raya. Kegiatan yang terselenggara ini merupakan perwujudan perjanjian kerja sama antara Lapas/Rutan di wilayah Bogor Raya, Kodim 0621 dan Kwartir Cab. Bogor dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembinaan serta membentuk karakter pribadi yg positif bagi WBP.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan program SiPraLa yg diselenggarakan di Lapas Cibinong. SiPrala merupakan singkatan dari Silaturahmi Pramuka Lapas, dimana WBP anggota Pramuka berkumpul, saling bersilaturahmi dan melaksanakan latihan gabungan kepramukaan. Program ini juga adalah salah satu program unggulan Lapas Cibinong dalam upaya pembangunan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Latihan gabungan pramuka ini dihadiri oleh Kadivpas Kanwil Jawa Barat, Pembina Pramuka Pemasyarakatan, Kepala Kwartir Cabang Kab. Bogor, dan para Majelis Pembina Gugus Depan Pramuka Lapas/Rutan melibatkan seluruh anggota perwakilan Kwarcab Kab.Bogor, serta warga binaan di Lapas dan Rutan se-Bogor Raya sejumlah 90 orang.

Latihan Gabungan Pramuka dimulai dengan kegiatan upacara pengibaran bendera yang dipimpin oleh Kadivpas Jawa Barat, Abdul Aris sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh anggota Pramuka dari Lapas Cibinong, Lapas Bogor, Lapas Gunung Sindur dan Rutan Depok. Dalam upacara tersebut, Kadivpas Jabar dan Ketua Kwarcab Kab. Bogor secara simbolis melantik perwakilan WBP sebagai anggota pramuka.

Kadivpas Jabar, Abdul Aris dalam sambutannya mengungkapkan setiap warga binaan harus bisa menjadi role model bagi warga binaan lainnya lewat Pramuka sebagai wadah utama.

“Warga Binaan yang terlibat dalam Pramuka harus menjadi manusia dengan prinsip tunas kelapa. Dapat berguna, bersatu, dan memiliki kemauan, panutan, dan serbaguna,” ungkapnya.

Semakin siang, anggota pramuka semakin bersemangat dalam sesi kedua yang berlomba yel-yel dan kreasi pramuka, antara lain lomba baris-berbaris, semaphore, dan kecakapan lainnya dari masing-masing regu.

Agung Krisna, Kalapas Cibinong mengungkapkan, kegiatan ini menjadi bagian dari pembinaan kepada warga binaan yang dilaksanakan secara periodik. Pramuka menjadi wadah kesiapsiagaan dan kedisiplinan dasar bagi warga binaan, sehingga kami berharap para WBP yg mengikuti kegiatan ini dapat hidup lebih disiplin, bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya sehingga mampu menjadi agen-agen perubahan dimanapun mereka berada.

(_Humas L’Cibi_)/Hera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *